Home / Kesehatan / Bupati Resmikan Nama RSUD Kabupaten Siak

Bupati Resmikan Nama RSUD Kabupaten Siak

2018, Kualifikasi RSUD Tengku Rafian Kelas B

Bupati Resmikan Nama RSUD Kabupaten Siak
Foto: tribunnews
RSUD Tengku Rafian Kabupaten Siak

Kabar Melayu (SIAK) - Menteri Kesehatan RI akan menetapkan RSUD Tengku Rafian Kabupaten Siak sebagai Rumah Sakit Kelas B di Kabupaten Siak. Penetapan tersebut akan dilakukan pada tahun 2018 mendatang.

Hal tersebut disampakan oleh Bupati Siak Drs. Syamsuar, M.Si saat meresmikan nama RSUD Kabupaten Siak, RSUD Tengku Rafian, Kamis (12/11). Untuk itu, saat ini manajemen RSUD Kabupaten Siak senantiasa didorong untuk saling meningkatkan sinergeri dan meningkatkan kualitas serta memperluas pelayanan spesialis, sehingga ke depan RSUD Tengku Rafian segera ditingkatkan kualifikasinya menjadi rumah sakit kelas B.

Nama Tengku Rafian sendiri merupakan nama Penjabat Bupati Siak pertama. Sejak berdirinya Kabupaten Siak pada tanggal 12 Oktober 1999, Tengku Rafian sudah menggagas pembangunan rumah sakit ini. 

"Beliaulah yang menyiapkan DED (detail enginering design) RUSD ini. Pembangunannya mulai dilakukan pada tahun 2001 di atas lahan 9 hektar," kata Syamsuar.

"Saat ini Pemkab Siak patut berbangga, karena RSUD ini sudah menjadi rumah sakit milik daerah terkemuka di provinsi Riau. Berdasarkan data yang ada, jumlah kunjungan pasien terus menujukan peningkatan dari hari ke harinya.

Untuk melayani kebutuhan medis masyarakat, RSUD Tengku Rafian telah memiliki 20 dokter spesialis dengan berbagai latar belakang kompetensi yang disupport oleh 12 dokter umum.

Selain itu, pelayanan medis juga terus ditingkatkan dengan menyediakan ruang rawat yang mampu menampung 158 orang pasien. Ruang rawat tersebut di antaranya, ruangan marwah untuk VIP, Safa, Internis untuk penyakit dalam, Safa untuk perawatan bedah, ruang perawatan khusus anak dan lainnya.

Kualitas pelayanan medis juga semakin baik dengan keberadaan beberapa faslitas penunjang yang canggih, RSUD Tengku Rafian Kabupaten Siak ini telah melampaui kriteria menimal yang dibutuhkan untuk kategori rumah sakit Tipe C sebagaimana yang disyaratkan.

Usai meresmikan nama RSUD, tersebut Bupati berkesempatan melakukan peninjauan di ruang paru yang baru di resmikan. Saat melakukan peninjanuan, sejumlah pasien yang ada mengerumuni Bupati untuk bersalaman dan foto bersama. (km)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.