Home / Ekonomi / Realisasi APBD Riau 2015 Diprediksi Menurun

Realisasi APBD Riau 2015 Diprediksi Menurun

Realisasi APBD Riau 2015 Diprediksi Menurun
Internet
Ilustrasi

Kabar Melayu (PEKANBARU) - Asisten II Setdaprov Riau, Masperi menyebutkan,  menjelang tutup buku pada Desember 2015 nanti, kemungkinan besar realisasi anggaran masih bisa dikejar separuhnya. Hingga Oktober 2015, realisasi APBD baru berjalan kurang dari 38 persen.

"Karena ada beberapa proyek lelang yang akan kita bayarkan. Tapi menjelang tutup buku, bisa kita kejar," katanya, Jumat (13/11).

Masperi menyebutkan, akan ada Rp800 miliar yang dibayarkan ke kontraktor.

Selain anggaran Rp800 miliar itu, sambungnya, akan ada tambahan Rp500 miliar anggaran yang dikucurkan untuk bantuan dana desa. Dari dua pagu anggaran itu, sudah terealisasi lebih kurang sebesar 13 persen. Jika ditambahkan dengan realisasi anggaran saat ini sebesar 38 persen, artinya menjelang akhir tahun diprediksi anggaran yang terealisasi sebesar 51 persen. Bahkan, realisasi APBD hingga akhir tahun nanti bisa mencapai 58 persen.

"Kalau sudah lebih 50 persen, biasanya sudah aman itu. Sementara untuk pembayaran lelang tak mesti menunggu APBDP, kan sudah ada di pagu anggaran murni," sambungnya.

Yang perlu menjadi catatan, nota keuangan ini akan dikirim ke Kemendagri dan untuk selanjutnya dilakukan lagi pembahasan di Badan Anggaran Dewan, sesuai prosedur yang berlaku.

Seperti diketahui, realisasi pendapatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau sampai dengan akhir tahun 2014 lalu memang relatif meningkat dibandingkan tahun 2013. Dengan nilai realisasi mencapai Rp7,874 miliar, terjadi peningkatan realisasi pada Triwulan IV tahun 2014 sebesar 106,39 persen dibandingkan tahun 2013.

Namun, dilihat dari sisi belanja, berbanding terbalik dengan pendapatan, di mana nilai realisasi belanja APBD pada triwulan IV 2014 sebesar Rp 5.538 miliar tercatat lebih rendah dibandingkan nilai realisasi belanja APBD triwulan IV 2013 yaitu sebesar Rp7.504 miliar. 

Dengan alokasi anggaran belanja sebesar Rp 8.848 miliar, realisasi belanja APBD triwulan IV tahun 2014 adalah sebesar 62,59 persen. Sumber informasi ini tercatat dalam situs resmi Pemprov Riau. Dengan kata lain, realisasi anggaran tahun 2015 akan lebih rendah dibanding tahun sebelumnya. (rec)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.