Home / Pendidikan / Disdikpora Rohul Latih Ratusan Guru PAUD

Tingkatkan SDM

Disdikpora Rohul Latih Ratusan Guru PAUD

Disdikpora Rohul Latih Ratusan Guru PAUD
Internet

Kabar Melayu (PS.PANGARAIAN) - Dalam upaya meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat tenaga pendidik, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Rohul melakukan pelatihan dan pembimbingan akreditasi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dimkas) se Rohul.

Kegiatan ini langsung dibuka Kadisdikpora Rohul, Muhammad Zen. Pelatihan digelar tanggal 28 sampai 30 Oktober 2015 di Gedung Dharma Wanita PKK Rohul. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 350 orang guru PAUD dan sejenis dari perwakilan 16 kecamatan se Rohul.

Pembimbingan akreditasi ini berkerjasama dengan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUD) Rohul dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK), Rohul dengan koordinator Kepengurusan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak (K34TK) Rohul, Bidang PAUDNI Disdikpora Rohul dan lainnya.

Adapun meteri dalam kegiatan ini adalah penyusunan bahan akreditasi lembaga PAUD, pengembangan Lembaga Kursus dan Pelatihan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (LKP-PKBM), dengan nara sumber dari  Badan Akreditasi Pendidikan Non Formal, (BAPNF) Provinsi Riau Mardimin, Tim Asesor PAUD dari Farum PKBM Provinsi Riau Widya Agusti dan Tim Asesor PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Riau Dra. Hj. Yanti.

Kepala Bidang PAUDNI Disdikpora Rohul, Zamrat mengatakan, Rohul memang sudah pernah mendapat penghargaan terbaik di Provinsi Riau dalam bidang pengelolaan PAUD. Kini dengan komiten pemerintah daerah,  satuan PAUD Sejenis (SPS), baik itu TK, PAUD, Tempat Penitipan Anak (TPA), Kelompok Belajar (KB) dan lainnya sedang berkembang di Rohul dengan hampir 800 lembaga dan tenaga pendidik dan pengasuh sekitar 3 ribu lebih.

"Kita adakan kegiatan akreditasi ini bisa juga menjadi  penilaian atau menentukan kelas terhadap lembaga terseebut, apakah masuk kategori kelas A, B dan C. Kita upayakan agar bisa mempertahankan PAUD Rohul tetap terbaik se Provinsi Riau," terang Zamrat, Jumat (30/10).

Zamrat mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini, para tenaga pendidik dan pengasuh mengetahui cara pembelajaran yang efektif, memahami karater anak, mengetahui pelayanan anak yang mantap dan termasuk untuk kedisiplinan para anak dalam Proses Belajar-Mengajar (PBM). "Apalagi tingkat pendidikan ini termasuk proses awal belajar bagi para anak," jelasnya.

Masih di tempat yang sama, Kepala Sekolah PAUD Terpadu Pembina Masjid Agung Madani Islamic Center (MAMIc) Rohul, Syahyoesva mengatakan, dirinya sangat berterimakasih kepada Kadisdikpora Rohul dalam latihan akreditasi lembaga ini.

"Awalnya teman-teman guru dan pengasuh pada ketakutan dengan adanya proses akreditasi lembaga tersebut, setelah mengikuti latihan dan bimbingan akreditasi selama tiga hari, ternyata  tidak ada yang perlu ditakuti, kemudian kita bisa mengetahui apa yang harus kita kerjakan sesuai standar kelembagaan pendidikan anak usia dini," terangnya.

Setidaknya, setelah pelatihan ini, sambung Syahyoesva, ada delapan hal standar yang harus dipenuhi untuk sebuah lembaga PAUD, yakni standar tingkat pencapaian perkembangan, keberadaan dan isi, pengelolaan, sarana prasarana, pembiayaan, materi pendidikan dan tenaga pendidiak dan proses pendidikan itu sendiri.

"Kita sangat berterima kasih karena kita banyak mendapat pengetahuan dan wawasan administrasi lembaga pendidikan. Padahal semula masih samar-samar, sekarang membuat kita paham betul dalam pengelolaannya, untuk di sekolah kita. Insyaallah akan siap menerapkan yang kita dapat selama tiga hari di sini," pungkasnya. (REC)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.