Home / Peristiwa / Gunung Marapi Sumatera Barat Meletus

Gunung Marapi Sumatera Barat Meletus

Gunung Marapi Sumatera Barat Meletus
Internet
Gunung Marapi

Kabar Melayu (PADANG) - Gunung Marapi yang berlokasi di antara Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) meletus pada Sabtu (14/11) sekira pukul 22.23 WIB.

"Dari rekaman seismik terjadi sekali dengan amplitudo 29.4 milimeter (mm), durasi (lama gempa) 40 detik," kata Petugas Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi, Warseno, Sabtu.

Sementara itu, ia melanjutkan, sejumlah laporan mengatakan hujan abu dampak dari letusan mengarah ke daerah Panyalaian. "Secara visual tidak teramati (letusannya), tapi dari remakan seismik, (letusan) kategori sedang," ujar Warseno.

Warseno menjelaskan, surat rekomendasi yang dikeluarkan Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bernomor 1385/45/BGL.V/2011 tentang peningkatan status Gunung Marapi belum dicabut. Dalam surat tertanggal 3 Agustus 2011 tersebut, dijelaskan, status Gunung Marapi meningkat, dari normal (level I) menjadi waspada (level II).

"Rekomendasi masih berlaku, radius tiga kilometer dari pusat erupsi, tertutup untuk aktivitas masyarakat termasuk pendaki," tuturnya menambahkan.

Sumber

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.