Home / Politik / 28 November, Debat Kandidat Meranti Digelar

28 November, Debat Kandidat Meranti Digelar

28 November, Debat Kandidat Meranti Digelar
rec
Yusli, SE

Kabar Melayu (SELATPANJANG) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Meranti akan menggelar debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti. Debat kandidat kedua pasangan calon Irwan Nasir-Said Hasyim dan Tengku Mustafa-Amyurlis ini akan dilaksanakan pada 28 November mendatang.

"Jika tidak ada aral melintang, kami berencana menggelar debat kandidat ini di Gedung Aula RSUD Meranti. Tapi tergantung kondisinya nanti. Bisa saja kami menggelarnya di tempat yang lain," sebut Ketua KPUD Kepulauan Meranti, Yusli, SE, Ahad (15/11/2015).

Ia menjelaskan, pemilihan waktu pelaksanaan debat kandidat ini pada siang hari, mengingat untuk mempermudah pengamanan yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian di sekitar lokasi debat kandidat berlangsung.

Adapun mengenai tema yang akan diangkat pada debat nanti, pihaknya telah menentukan tema yang menarik, yakni tentang peningkatan ekonomi masyarakat daerah dan infrastruktur wilayah kepulauan Meranti.

"Tema ini sangat sesuai dengan letak geografis Kabupaten Kepulauan Meranti yang terdiri dari pulau-pulau," jelasnya.

Selain itu, panelis yang terlibat dalam debat ini didatangkan langsung dari Universitas Riau, yaitu Dosen Ekonomi, Fisipol dan Perikanan.

Mengingat pelaksanaan debat kandidat ini di dalam gedung dan tamu undangan dibatasi, Yusli mengimbau kepada masyarakat Meranti untuk tidak perlu khawatir, karena debat kandidat ini akan disiarkan di radio dan juga siaran tunda di televisi lokal.

Diharapkan debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati ini bisa dijadikan sebagai sarana sosialisasi tentang Pilkada dan juga sebagai pembelajaran politik bagi masyarakat Kepulauan Meranti. Kepada masing-masing pasangan calon, nantinya akan diajukan berbagai pertanyaan yang intinya bagaimana calon pejabat itu nantinya mengatasi berbagai persoalan yang ada. 

Selain dituntut untuk mampu menjawab pertanyaan, pasangan calon juga akan diuji kemampuannya untuk menguraikan program yang akan dilakukan untuk mengejar berbagai ketertinggalan yang terjadi. 

"Dari paparan yang akan disampaikan oleh pasangan calon nanti, masyarakat dapat mengukur sejauh mana daya nalar dan pemahaman kandidat untuk mengatasi berbagai persoalan, sekaligus dituntut mampu membawa Meranti maju ke depannya," tutur Yusli.(rec)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.