Home / Politik / Usai Pilkada Serentak, Seluruh Kepala Daerah Akan Dilantik Juni 2016

Usai Pilkada Serentak, Seluruh Kepala Daerah Akan Dilantik Juni 2016

Usai Pilkada Serentak, Seluruh Kepala Daerah Akan Dilantik Juni 2016
ilustrasi

Kabar Melayu (Pekanbaru) – Persiapan demi persiapan terus dilakukan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Riau pada 9 Desember mendatang. Rencananya, setelah Pilkada serentak usai dan tidak ada gugatan hukum terhadap pasangan calon kepala daerah maka sesuai implikasi akan dilantik pula secara serentak pada Juni 2016 mendatang.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Kepala Biro Administrasi Tata Pemerintahan Setdaprov Riau, Rahima Erna kepada wartawan. Dijelaskannya, saat ini pihaknya dan stakeholder terkait menginginkan pelaksanaan Pilkada serentak di Riau yakni9 Kabupaten/ Kota berjalan dengan aman dan lancar.

"Jika semuanya lancar dan tidak ada gugatan secara hukum maka kita akan mempersiapkan pelantikan secara serentak sesuai Instruksi Mendagri yang dilaksanakan pada Juni 2016 mendatanng," kata Rahima saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis (19/11).

Alasannya, sambung Rahima, Negara ingin melakukan masa jabatan Kepala daerah, pemilihan legislatif fan sebagainya serentak sesuai Impikasi dokumen perencanaan tahun 2020 mendatang.

"Jadi 2020 mendatang itu Pemilihan presiden, Pilkada, Pemilihan legislatif itu diatur secara serentak sesuai dengan regulasinya nanti," jelasnya.

Dengan begitu, lanjutnya, pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi dan Kabupaten/ Kota tidak ada lagi yang dibeda-bedakan. Maka itu, dimulai dari Pilkada serentak ini dan juga pelantikan secara serentak menjadi awal untuk tahun 2020 mendatang.

Mengenai pada April mendatang ada 2 kepala daerah di Riau yang masa jabatannya akan berakhir, tambah Rahima, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kemendagri apakah jabatan tersebut nantinya akan diisi oleh Penjabat (Pj) atau Pelaksana tugas (Plt).

"Pelalawan dan Rohul April ini masa jabatan kepala daerahnya akan berakhir, mengenai itu akan kita sepakati dulu apakah Pj atau Plt. Tapi mengenai 4 Penjabatan yakni di Inhu, Bengkalis, Meranti dan Dumai tetap berlanjut hingga ada Kepala daerah yang baru," tukasnya.(rec)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.