Home / Iptek / Terungkap, Kemampuan Mencengangkan Belut Listrik

Terungkap, Kemampuan Mencengangkan Belut Listrik

Terungkap, Kemampuan Mencengangkan Belut Listrik
Foto: Reuters
Terungkap, kemampuan mencengangkan belut listrik

NASHVILLE – Hewan ini memiliki trik sederhana dengan sengatan listrik dalam melumpuhkan mangsanya, namun belut listrik sebenarnya bisa saja menjadi salah satu predator paling luar biasa di seluruh kerajaan hewan.

Ikan ini dapat mengubah kekuatan muatan listriknya untuk bernavigasi dan melumpuhkan mangsanya.

Dan kini seorang ahli telah menemukan fakta mencengangkan; hewan air ini memiliki mode khusus dalam serangan untuk membunuh mangsanya yang berukuran besar, dua kali lipat kekuatan listriknya, sama dengan lima kali dari soket listrik standar di Amerika Serikat.

Kenneth Catania dari Universitas Vanderbilt, seperti diberitakan laman Dailymail, Rabu, 28 Oktober telah menghabiskan tiga tahun terakhir mempelajari cara berperilaku ikan asal Amerika Selatan ini.

Dia sangat tertarik pada bagaimana belut ini menggunakan medan listrik untuk navigasi di perairan berlumpur dari cekungan Amazon dan Orinoco, mencari mangsa tersembunyi dan menyetrumnya hingga menyerah.

Belut listrik ini dapat tumbuh dengan panjang melebihi 2,4 meter dan berat lebih dari 20 kilogram.

Lebih dari dua pertiga dari tubuh belut ini ditutupi sel khusus yang disebut electrocytes yang menyimpan listrik seperti baterai biologis kecil.

Ketika terancam, atau saat menyerang mangsa, sel-sel ini melepaskan muatannya secara bersamaan, memancarkan muatan listrik minimal 600 volt.


(rtw/okezone)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.