Home / Pendidikan / Perpustakaan MAN 1 Pekanbaru Terbaik II Nasional

Perpustakaan MAN 1 Pekanbaru Terbaik II Nasional

Perpustakaan MAN 1 Pekanbaru Terbaik II Nasional
REC
Pengelola perpustakaan MAN 1 Pekanbaru Agussalim didampingi Kepala BPA Pekanbaru Nelfiyonna dan petinggi perpustakaan Nasional saat menerima penghargaan perpustakaan Terbaik II Nasional.

Kabar Melayu (PEKANBARU) - Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru, meraih penghargaan sebagai perpustakaan terbaik II tingkat Nasional. Prediket membanggakan ini merupakan hasil penilaian Perpustakaan Nasional Jakarta yang diumuman pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional Nugra Jasa Darma Pustaloka 2015, Kamis (29/10).

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip (BPA) Kota Pekanbaru, Nelfo Yonna menyebutkan, penghargaan tersebut diterima langsung oleh pengelola Pustaka MAN 1, Agussalim Tanjung S.Ag, M.Ag dari Kepala Perpustakaan RI, Hj. Sri Sularsih, M.Si.

Penyerahan penghargaan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Kepala perpustakaan dan Arsip dari seluruh daerah di Indonesia yang hadir saat itu.

Untuk peringkat I diraih oleh SMA NU Kabupaten Gresik Jawa Timur dan peringkat III dipegang oleh SMA Plus Kota Medan. Masing-masing berhak atas thropy, piagam dan uang tunai Rp20 juta untuk terbaik I, Rp18 juta terbaik II dan Rp16 juta untuk terbaik III.

Sementara, untuk Harapan I diraih provinsi DI Yogyakarta, Harapan II DKI Jakarta dan  harapan III Sumatera Selatan (Sumsel).

Yonna menambahkan, penghargaan dan prestasi ini nantinya akan dilaporkan kepada Walikota Pekanbaru, Firdaus, MT dan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, S.Si. Atas support serta dorongan yang diberikan selama ini, menjadi modal dan semangat bagi pengelola perpustakaan di Kota Pekanbaru.

Sementara, Kepala  BPAD Riau, Yoserizal Zein mengatakan, wakil Riau untuk tingkat Nasional adalah MAN 1 Pekanbaru setelah sekolah ini berhasil meraih peringkat I perpustakaan terbaik tingkat Provinsi Riau. Dalam nominasi yang dilakukan sebelumnya, telah ditetapkan sekolah yang masuk dalam 10 besar. Dsri 10 perpustakaan ini kemudian dilakukan lagi penilaian ketat hingga hasil verifikasi dewan juri menetapkan perpustakaan MAN 1 sebagai yang terbaik di Riau.

"Terima kasih pada MAN 1 yang telah mengharumkan nama Riau. Ini pertama kalinya Riau masuk 10 besar, apalagi juara II," ujarnya.

Yoserizal berharap prestasi MAN 1 ini menjadi pelatuk picu bagi BPAD Kabupaten/Kota dalam membina perpustakaan sekolah yang ada dalam wilayah kerjanya. Seperti yang dilakukan BPAD Pekanbaru, di mana sejak awal perlombaan tingkat kota, provinsi sampai ke tingkat nasional terus serius melakukan pembinaan.

Plt Gubernur Riau, H. Arsyadjuliandi Rachman melalui Kepala BPAD Riau turut mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih utusan Riau ini. "Tolong sampaikan salam saya, selamat kepada MAN 1 Pekanbaru yang telah mengharumkan nama Riau," ucap Plt Gubri seperti disampaikan Yoserizal.(rec)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.