Home / Budaya / Bupati Pelalawan Buka Seminar Adat

Bupati Pelalawan Buka Seminar Adat

Bupati Pelalawan Buka Seminar Adat
rec
Bupati Pelalawan HM Harris membuka seminar adat.

Kabar Melayu (BUNUT) - Bupati Pelalawan HM Harris yang juga selaku Datuk Setia Amanah Payung Panji Adat Kabupaten Pelalawan, membuka resmi seminar Pelestarian dan Pengembangan Adat Istiadat serta Nilai Budaya Masyarakat, Senin (2/11). Seminar digelar di halaman Kompleks Perkantoran Al Bagaunnur Pamdes Bagan Laguh Kecamatan Bunut.

Dalam sambutannya, Bupati berharap agar peran lembaga adat lebih ditingkatkan. Hal ini guna menjawab tuntutan zaman.

"Adat merupakan norma dan aturan yang melekat pada pergaulan kehidupan sehari-hari, aturan tersebut tidak tertulis, namun sangat diikuti dan ditaati oleh masyarakat adat," kata HM Harris.

Menurut Bupati, seiring kemajuan teknologi yang semangkin canggih serta pengaruh modernisasi, membuat adat seakan-akan dilupakan oleh masyarakat, khususnya generasi muda. Padahal, generasi muda merupakan cikal bakal penerus adat. 

"Saya berharap agar adat tempatan menjadi tuan rumah di negeri sendiri dalam mengayomi hak-hak anak kemenakan dan masyarakat. Adat tempatan harus jadi tuntunan tanpa menyampingkan adat-adat lainnya," papar Bupati. 

Lanjutnya, nilai tatanan masyarakat juga harus tumbuh dan berkembang bersama adat dalam menghadapi tantangan zaman.(rec)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.