Home / Lifestyle / Trik Hindari Kantuk Tanpa Minum Kopi

Trik Hindari Kantuk Tanpa Minum Kopi

Trik Hindari Kantuk Tanpa Minum Kopi
Trik Hindari Kantuk Tanpa Minum Kopi

RASA kantuk menjadi musuh besar di tengah menjalani rutinitas pada setiap hari. Pasti Anda mencegah kantuk dengan menyeruput secangkir kopi yang sebenarnya punya efek samping jangka panjang bagi tubuh.

Lalu bagaimana cara lainnya agar kita bisa menghindari kantuk selain minum kopi? Berikut lima triknya yang dilansir Boldsky, Selasa (3/11/2015).

Makan dengan porsi kecil

Sebuah studi yang diterbitkan di American Dietetic Association menemukan, seseorang yang makan dengan porsi kecil dan tepat waktu akan terjaga dari rasa kantuk selama beraktivitas. Anda harus memikirkan menu yang dilahap seperti kebanyakan karbohidrat yang cepat diubah menjadi glukosa. Agar tetap berenergi, pilih nutrisi vitamin dan mineral, dimana Anda harus banyak mengonsumsi buah, sayur, biji-bijian dan ikan laut.

Hindari konsumsi daging

Daging memiliki kadar lemak dan protein tinggi yang sulit dicerna dalam jangka pendek. Hal itu dapat mengganggu produksi hormon sehat di dalam tubuh Anda, sehingga risikonya pun beragam, seperti halnya cepat mengantuk.

Jangan pilih camilan manis

Saat siang hari tiba, perut kita sudah terasa kosong dan lapar pun datang. Jangan biarkan mulut Anda mengunyah camilan serba manis, contohnya biskuit, kue, hingga permen. Pasalnya dengan penuh dengan glukosa dan karbohidrat yang melemahkan energi Anda.

Banyak minum air putih

Lebih dari dua pertiga dari berat tubuh manusia terdiri dari air. Selain itu, air memiliki fungsi utama untuk mengatur suhu tubuh dan mengurangi sembelit. Oleh karena itu, apabila Anda tetap terhidrasi dengan minum delapan gelas air sehari, tubuh Anda tak mudah lemah dan rasa kantuk pun pergi.

Makan buah saat perut kosong

Makan buah apel atau jeruk saat perut kosong adalah trik yang bagus untuk mengusir rasa kantuk, dan mendapatkan dorongan energi yang cepat. Sifat alkali dari produk makanan ini dianggap sebagai penguat energi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

(ren/okezone)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.